Pengalaman V-Belt Suzuki Baleno Copot

Gambar

Ceritanya hari Sabtu kemarin aku nganter ibu dan ayah ke Yogya kepatihan untuk belanja bulanan.  Hari itu parkiran penuh sekali, terpaksa parkir di basement mesjid raya alun-alun.

Selama perjalanan mobil Suzuki balenoku  tidak ada masalah apa-apa. Saat perjalanan pulang tiba-tiba setir terasa berat sekali, akhir setelah belokan arah kosambi kutepikan mobil dan buka kapnya. Ternyata V-belt untuk memompa oli power steering dan AC copot, untung saja tidak jatuh ke jalan, masih nempel di situ.

So, Kuputuskan mencari bengkel terdekat, berhubung hari sudah sore, saat  kubawa ke bengkel resmi Suzuki Nusantara Jaya Sentosa yang kebetulan searah jalan pulang ternyata bengkel sudah tutup. Show room saja yang masih buka karna Sabtu cuma setengah hari kerjanya.

Alhasil di daerah antapani masih ada bengkel yang masih buka. V-belt yang copot tadi dipasang kembali. Sudah dua kali dipasang pas mesin dihidupkan V-belt copot lagi. Barulah yang pas ketiga tidak copot, hanya dioles sedikit stempet supaya putaran lancar.

Pas malam ada acara, mobil kupakai lagi dan tidak ada masalah apa-apa. Barulah pas perjalanan pulang sekitaran dago atas setir tiba-tiba berat lagi. Mobil kutepikan ternyata V-belt copot lagi, karna hari sudah malam sekitar jam setengah 11, akhirnya aku pulang dengan kondisi V-belt copot.

Besok paginya mobil kubawa ke bengkel langganan di Ditech Injection yang beralamat di jalan Cipedes Tengah 196. Setelah diperiksa ternyata V-belt copot dikarenakan pully krek as yang rusak dan posisinya ngegeser, sehingga timing beltnya pun ikut bermasalah membubut sebagian cover plastiknya.

Akhirnya kuputuskan untuk minta ganti saja partnya dan perbaiki kembali pada mekaniknya. Perbaikan memakan waktu cukup lama karna harus melepas dudukan AC.

Estimasi biaya perbaikan ini lumayan menguras isi kantong, karna menurut saran mekanik Riki untuk part tersebut (timing belt dan pully krek as) baiknya memakai yang orisinil Suzuki, jangan pakai yang abal-abal. Sekalian selang power steering diganti juga, karena olinya sedikit rembes.

Berikut rinciannya :

  1. Bongkar/pasang timing belt                                    250.000
  2. Bongkar/pasang selang P/S                                     50.000
  3. Timming belt Suzuki baleno orisinil                         325.000
  4. Tensioner Suzuki Baleno                                         125.000
  5. Pully krek as baleno                                                800.000
  6. Van belt                                                                      45.000
  7. Van belt                                                                      50.000
  8. Laher                                                                          30.000
  9. Selang P/S aerio                                                      195.000

Total keseluruhan                                                                            1.870.000

Lumayan juga jajannya kali ini, tapi engga apa-apa aku sudah percaya pada bengkel langganan Ditech Injection ini. Lebih baik dibenerin sekarang daripada nyusahin nantinya. Yang bikin mahal karena semua spare partnya orisinil Suzuki, bukan barang KW atau abal-abal.

Ingin mengendarai mobil tanpa was-was yang segitulah biaya yang mesti dikeluarkan. Punya mobil jangan cuma bisa memakainya saja, akan tetapi mesti pintar merawat dan mengemudikan secara baik. Bila sudah waktunya ganti spare part ya gantilah. Insya Allah mobil nyaman dipakai dan usia pemakaian lebih panjang.

 

Bandung, 5 Februari 2013

rully

Satu pemikiran pada “Pengalaman V-Belt Suzuki Baleno Copot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s