Antara Bangga dan Bersyukur

Bangga, tentunya setiap orang memiliki kebanggaan masing-masing. Untuk laki-laki yang memiliki pacar cantik tentu menjadi kebanggaan baginya. Saat lulus kuliah dengan hasil yudisium cum laude juga merupakan suatu kebanggaan. Dan banyak kebanggaan-kebanggaan lainnya.

Akan tetapi ada satu hal, bila kamu berkaca pada diri sendiri dan merasa bahwa tak ada satu pun sesuatu hal yang bisa dibanggakan.

Di saat orang lain memiliki pekerjaan bagus dengan salary per bulan di atas 5 juta. Dan mendapatkan bahwa dirimu hanya pengangguran yang sepenuhnya masih bergantung pada orang tua. Meski sudah berbagai segala daya upaya dikerahkan demi mendapatkan pekerjaan, akan tetapi lapangan kerja semakin sempit, tidak sebanding dengan jumlah penduduk usia siap bekerja. Sekalinya ada pekerjaan, tapi tidak memberikan benefit yang bagus, hanya tersisa rasa lelah dan tekanan dalam bekerja.

Cerita di atas hanya gambaran saja. Bisa kamu bandingkan dengan pengalaman tentang sesuatu dari dalam diri yang tidak bisa dibanggakan. Bisa satu hal atau bisa juga dalam segala hal kamu merasa bahwa tak ada yang bisa dibanggakan dari diri sendiri.

Lalu kamu bisa apa?

Mungkin kamu lupa dengan bersyukur. Apa itu bersyukur?

Kurang lebih memiliki pengertian menerima segala sesuatu yang diberikan Tuhan, entah itu berupa nikmat rejeki yang baik maupun sesuatu hal yang buruk atau kurang baik.

Di saat kamu melihat bahwa tak ada yang bisa kamu banggakan dari dirimu, maka itulah saat yang tepat bagimu untuk bersyukur.

Menengok Rumah Lama

Gambar

Lama juga tidak update tulisan di blog yang sudah kuanggap rumah ini. Dan bila kuibaratkan rumah yang lama tak kutengok, mungkin di dalamnya sudah banyak sarang laba-laba, kotor berdebu..

Tapi pada hari ini kucoba membersihkannya..

Banyak cerita tersimpan di rumahku ini baik suka maupun duka, tapi itulah hidup. Hidup adalah proses atau perjalanan, tentu siapa pun akan dihadapkan dengan berbagai peristiwa.

Seseorang yang dianggap dewasa tentunya bisa mengambil hikmah, memetik pelajaran dari setiap masalah yang dilaluinya. Bila tidak begitu, mungkin manusia tersebut hanya tua secara umur, tapi tidak secara pemikiran.

Tapi mulai detik ini aku mencoba berbagi hal yang kulalui dengan kebahagiaan. Kenapa harus begitu, karena aku berpikir hidup ini hanya sementara dan manusia tidak akan pernah tau sampai kapan batas usia untuk bernafas.

Bila diisi dengan kesedihan, tentu sangat disayangkan. Aku berpikir bahwa bahagia adalah pilihan. Meski keadaan berjalan sebaliknya bila manusia memilih menghadapinya dengan kebahagiaan maka bahagialah.

Tapi jangan hanya berharap dunia memberimu bahagia, justru agar mendapatkan kenikmatan bahagia harus merasakan dulu rasanya tidak bahagia. Ibarat bila ingin merasakan nikmatnya makan, harus tahu rasanya lapar meskipun cuma sekedar tahu tempe.

Akhirnya kembali pada bagaimana manusia tersebut mensyukuri nikmat. Bersyukur tak hanya disaat mendapatkan berbagai kenikmatan, namun disaat menghadapi masalah juga. Karena pada akhirnya semua itulah yang akan membentuk pola pikir dan kedewasaan seseorang.

Ini adalah tulisan pertamaku di tahun 2014, besar harapanku untuk bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Tapi akupun manusia biasa yang sejatinya dilengkapi dengan segala kekurangan.

Wahai rumahku, terima kasih sudah menjadi tempat berlindung dan penopang hati selama ini baik disaat sedih maupun gembira. Tak sekedar untukku saja tapi bagi siapa saja yang sekedar ingin berteduh dan bertamu di sini.

Bandung, 28 Januari 2014

Gambar

Jodoh

Gambar

Berbicara tentang jodoh, beberapa orang seringkali mengidentikan bahwa jodoh itu pacar atau suami/istri yang saat ini hubungannya sedang dijalani.

Tapi pacar atau suami/istri pun belum tentu jodoh, bisa saja pas ditengah jalan putus atau cerai atau ditinggal meninggal.

Lalu jodoh itu apa?

Sepertinya terlalu jauh untuk berbicara jodoh, karena jodoh adalah misteri dan tak ada yang tahu.

Jodoh itu bila sudah hidup bersama terikat dalam hubungan hingga kakek-nenek dan hingga maut yang memisahkan berdua.

Bukankah begitu?

Pacar atau suami/istri hanya indikator bahwa dia lah sebagai jodohmu.

Memang tak ada yang pasti, kecuali kematian, oleh karena itu bila pasanganmu meminta kepastian sejatinya ia menginginkan kematian. :p

Tapi jodoh pun pengertiannya bisa luas. Jodoh dalam memiliki pasangan, pekerjaan, sahabat dsb.

Siapa dan apapun jodohmu syukuri, mungkin itu yang terbaik. Dan tentu saja yang terbaik pun bukanlah yang sempurna, tapi dengan cinta yang kamu miliki bersedia menerima dia apa adanya.

 

Bandung, 03 Juni 2013

rully1

Relationship With God

Gambar
http://darrellcreswell.files.wordpress.com/2010/03/relation.jpg

Seseorang berkata melalui status di media sosial twitter :

Waktu seseorang jatuh cinta, normalnya sih mau ketemu terus sama yang di cinta. Tapi itu gak berlaku untuk Tuhan ya?

Timpalku terhadap pernyataan di atas adalah :

Untuk merasakan kehadiran Tuhan gak mesti mati. Cukup berdoa dalam hati, yakin bahwa dia selalu bersamamu.

Ya, memang hubungan spiritual secara vertikal antara manusia dengan Tuhan sifatnya abstrak, metafisis dan tidak terlihat.

Untuk merasa kenyang tidak perlu makan, cukup merasa kita sudah makan

Kutipan diatas tidaklah salah karna untuk “merasa” ya cukup dengan “merasa” saja. Tapi untuk kenyang secara nyata tidak cukup dengan merasa, tapi harus makan.

Seperti penjelasan di atas, sayangnya hubungan dengan Tuhan tercipta bagi manusia hanya untuk merasa saja, selama manusia bersangkutan masih hidup tidak tercipta secara fisik atau nyata bertemu langsung dengan Tuhannya. Kecuali bila ada orang yang mengada-ngada selain nabi yang berdasarkan pengakuannya pernah bertemu dengan Tuhan.

Keyakinan itu berakar dari sesuatu yang tidak terlihat, tapi cukup merasa. Tentu saja seseorang dengan gaya pemikiran logis dan realistis cenderung berbeda terhadap pendangan akan eksistensi Tuhan, dan itu bisa dimaklumi.

Di era kebebasan yang merupakan bagian dari hak asasi yang dimiliki manusia, tentu saja setiap orang berhak untuk mengemukakan pemikiran, pandangan atau pendapatnya baik secara lisan maupun tulisan, sejauh tidak bertentangan dengan kaidah hukum dan sosial yang ada dan berlaku di masyarakat.

Dan kewajiban kita terhadap hak yang dimiliki orang lain adalah menghormati. Dan kemampuan menghormati dan menghargai perbedaan ini menjadi tantangan tersendiri di era kebebasan.

 

Bandung, 6 April 2013

Gambar

Pengalaman Spooring & Balancing di Cihampelas Motor Bandung

Pagi ini saya akan mencoba membagikan pengalaman yang sebenarnya niatnya sudah lama, namun baru kemarin bisa menyempatkan diri ke bengkel yaitu untuk melakukan spooring & balancing sedan baleno ku.

Awalnya bingung dimanakah kira-kira bengkel spooring & balancing di Bandung yang pengerjaan bagus dan hasilnya memuaskan.

Waktu itu saya coba mencari tahu dengan meminta informasi dari akun twitter @infobandung dan akhirnya diretwit lalu ada yang menyarankan ke bengkel Cihampelas Motor yang beralamat di jalan cihampelas no. 44 Bandung.

Oh, saya tahu tempat itu karna kebetulan lokasi tersebut tepat berada di samping tempat nongkrong saya saat jaman kuliah dulu yaitu gonzo.

Sehari sebelum dibawa ke bengkel, ceritanya saya mencuci sendiri si baleno ini lalu didapati pelek roda depan kanan seperti ada gumpalan stempet tapi tidak terlalu banyak. Saya liat ke kolong dan ternyata karet boot as nya robek terpaksa mesti diganti nih takutnya tambah parah dan ngerembet kemana-mana.

Ya, akhirnya Senin kemarin saya bawa ke Cihampelas motor. Saya datang pagi jadi bengkel belum terlalu penuh.

Gambar
Cihampelas motor jalan cihampelas no. 44 Bandung

 

Jadi eksekusi pertama berdasarkan saran si engkoh yang punya bengkel, roda dibalancing terlebih dahulu, kemudian dibawa ke bengkel bawah barulah kemudian dispooring.

Gambar

Gambar
Proses balancing dengan menggunakan alat seperti mesin scanner secara komputerisasi

Oh perlu diketahui juga bahwa cihampelas motor ini terdiri atas 3 bagian, yang masing-masing ada spesialiasinya. Yang pertama spesialis ban (spooring & balancing, isi gas nitrogen dll), kedua khusus variasi, perlengkapan dan acessoris mobil, ketiga bengkel (tune up, service dsb) serta salon mobil (cuci, polish, wax).

Setelah dibalancing mobil dibawa ke bengkel yang terletak di ruang bawah untuk di bongkar kaki-kakinya terlebih dahulu, kemudian mengganti karet boot as roda kanan yang robek dengan yang baru.

Gambar
Proses pembongkaran roda depan sebelah kanan
Gambar
Karet boot as roda depan kanan yang robek

Setelah beres lalu mobil dibawa ke atas kembali untuk dilakukan spooring.

Gambar
Pemasangan alat scan

Gambar

Gambar
Mesin scanner saat proses spooring berlangsung

Dan pengerjaannya tidak memakan waktu yang lama. Yang lama sih di bengkelnya, dan bila tidak ke bengkel waktu yang dibutuhkan untuk melakukan spooring dan balancing ini kira-kira 45 menit saja.

Ongkos spooring & balancing di sini tergolong murah menurut saya, tapi karena mesti ganti karet boot as roda yang terpaksa mesti mengeluarkan biaya tambahan.

Berikut rincian ongkos ngebengkel hari Senin kemarin:

  1. karet boot as roda dalam               : Rp. 90.000
  2. karet boot as roda depan-kanan  : Rp. 85.000
  3. Stempet                                             : Rp. 45.000
  4. 6 utas tali pengencang                   : Rp. 30.000
  5. Spooring                                            : Rp. 100.000
  6. Balancing 4 roda                              : 80.000

Total keseluruhan            : Rp. 430.000

Ya lumayan sih dibanding dengan ongkos ganti timing belt tempo lalu. Dan hasil pengerjaannya rapi, cepat, dan bagus. Kita lihat saja bagaimana rasanya dibawa jauh besok (ke Subang) setelah ngebengkel Senin kemarin.

 

Bandung, 2 Maret 2013

Gambar

Hak Akan Kebebasan di Era Sosial Media

Gambar

Di era sosial media seperti sekarang ini, seringkali saya menemukan pernyataan seseorang yang kurang lebih seperti ini :

hidup gue yang gimana gue atau twitter gue ya gimana gue mau ngetwit apa terserah gue, gak suka? tinggal unfollow aja!

Begini sahabatku, sejatinya kita semua lahir dan hidup di dunia dilengkapi atau dianugrahi dengan apa yang dinamakan hak, diantaranya adalah hak akan kebebasan.

Bebas untuk melakukan apa yang kita mau tanpa ada campur tangan dari pihak lain yang dianggap mengganggu.

Ya kita semua memiliki hak, namun harus ingat bahwa meskipun seperti itu kita tidak serta merta bebas untuk melakukan hak yang kita miliki.

Ada batasan-batasan tertentu yang mesti kita perhatikan agar jangan sampai hak yang kita miliki berbenturan dengan hak yang dimiliki orang lain.

Artinya dengan adanya hak yang kita miliki maka “menimbulkan kewajiban” bagi kita untuk “menghormati hak orang lain”.

Kita hidup tidak hanya sendiri, akan tetapi banyak sekali orang dengan latar belakang dan pandangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu hormatilah dan hargailah mereka.

Kita mengenal berbagai norma atau kaidah sosial yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

Media sosial elektronik adalah media yang sifatnya baru sebagai dampak dari berkembangnya teknologi. Akan tetapi dengan mengacu kepada aturan berupa norma atau kaidah yang ada maka diharapkan setidaknya kita menjadi orang yang bijak dalam melakukan hak akan kebebasan yang kita miliki.

Selamat berakhir pekan sahabat semua!🙂

 

Bandung, 30 Maret 2013

Gambar

Gambar

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita disibukan oleh pikiran-pikiran tentang bagaimana penilaian orang lain terhadap kita. Entah menjadi orang baik maupun jahat, bisa dipastikan bahwa yang namanya orang tidak suka pasti ada. Bahkan motivator sekelas Mario Teguh pun  ada yang tidak/kurang menyukai dirinya, tapi saya rasa orang yang menyukainya jauh lebih banyak ketimbang yang tidak menyukainya. Penerimaan negatif umumnya ditunjukan dengan opini bahwa kata-kata bijak itu semakin lama semakin membosankan, lain halnya dengan kata-kata yang sifatnya parodi atau sindiran-sindiran humor.

Meskipun niatnya baik akan tetapi tidak semua kebaikan tersebut diterima secara positif. Namun saya menangkap bahwa seperti itulah tantangan yang mesti diterima bila ingin menjadi orang baik melakukan yang terbaik. Sebetulnya sederhana saja, bila kembali pada konsep self actualizing, orang berbuat baik karena ingin dirinya dianggap berarti dan bisa memberi manfaat bagi orang lain.

Selain itu, pengakuan pun tidak kalah penting karena seringkali orang mengharapkan pengakuan sebagai bukti eksistensi diri. Bentuk penghargaan terhadap apa yang orang lain lakukan demi tercapai apa yang menjadi tujuannya.

Kembali pada bagaimana penilaian orang lain, saran saya lakukan saja apa yang memang ingin anda lakukan dan tidak usah terpaku pada bagaimana orang lain menilai anda. Yang terpenting adalah anda sudah berusaha melakukan yang terbaik bagi hidup,  serta memberi manfaat bagi orang lain.

 

Bandung, 9 Februari 2013

Gambar

Pengalaman V-Belt Suzuki Baleno Copot

Gambar

Ceritanya hari Sabtu kemarin aku nganter ibu dan ayah ke Yogya kepatihan untuk belanja bulanan.  Hari itu parkiran penuh sekali, terpaksa parkir di basement mesjid raya alun-alun.

Selama perjalanan mobil Suzuki balenoku  tidak ada masalah apa-apa. Saat perjalanan pulang tiba-tiba setir terasa berat sekali, akhir setelah belokan arah kosambi kutepikan mobil dan buka kapnya. Ternyata V-belt untuk memompa oli power steering dan AC copot, untung saja tidak jatuh ke jalan, masih nempel di situ.

So, Kuputuskan mencari bengkel terdekat, berhubung hari sudah sore, saat  kubawa ke bengkel resmi Suzuki Nusantara Jaya Sentosa yang kebetulan searah jalan pulang ternyata bengkel sudah tutup. Show room saja yang masih buka karna Sabtu cuma setengah hari kerjanya.

Alhasil di daerah antapani masih ada bengkel yang masih buka. V-belt yang copot tadi dipasang kembali. Sudah dua kali dipasang pas mesin dihidupkan V-belt copot lagi. Barulah yang pas ketiga tidak copot, hanya dioles sedikit stempet supaya putaran lancar.

Pas malam ada acara, mobil kupakai lagi dan tidak ada masalah apa-apa. Barulah pas perjalanan pulang sekitaran dago atas setir tiba-tiba berat lagi. Mobil kutepikan ternyata V-belt copot lagi, karna hari sudah malam sekitar jam setengah 11, akhirnya aku pulang dengan kondisi V-belt copot.

Besok paginya mobil kubawa ke bengkel langganan di Ditech Injection yang beralamat di jalan Cipedes Tengah 196. Setelah diperiksa ternyata V-belt copot dikarenakan pully krek as yang rusak dan posisinya ngegeser, sehingga timing beltnya pun ikut bermasalah membubut sebagian cover plastiknya.

Akhirnya kuputuskan untuk minta ganti saja partnya dan perbaiki kembali pada mekaniknya. Perbaikan memakan waktu cukup lama karna harus melepas dudukan AC.

Estimasi biaya perbaikan ini lumayan menguras isi kantong, karna menurut saran mekanik Riki untuk part tersebut (timing belt dan pully krek as) baiknya memakai yang orisinil Suzuki, jangan pakai yang abal-abal. Sekalian selang power steering diganti juga, karena olinya sedikit rembes.

Berikut rinciannya :

  1. Bongkar/pasang timing belt                                    250.000
  2. Bongkar/pasang selang P/S                                     50.000
  3. Timming belt Suzuki baleno orisinil                         325.000
  4. Tensioner Suzuki Baleno                                         125.000
  5. Pully krek as baleno                                                800.000
  6. Van belt                                                                      45.000
  7. Van belt                                                                      50.000
  8. Laher                                                                          30.000
  9. Selang P/S aerio                                                      195.000

Total keseluruhan                                                                            1.870.000

Lumayan juga jajannya kali ini, tapi engga apa-apa aku sudah percaya pada bengkel langganan Ditech Injection ini. Lebih baik dibenerin sekarang daripada nyusahin nantinya. Yang bikin mahal karena semua spare partnya orisinil Suzuki, bukan barang KW atau abal-abal.

Ingin mengendarai mobil tanpa was-was yang segitulah biaya yang mesti dikeluarkan. Punya mobil jangan cuma bisa memakainya saja, akan tetapi mesti pintar merawat dan mengemudikan secara baik. Bila sudah waktunya ganti spare part ya gantilah. Insya Allah mobil nyaman dipakai dan usia pemakaian lebih panjang.

 

Bandung, 5 Februari 2013

rully

Ganti Kopling Suzuki Baleno 2001



Mobil saya suzuki baleno tahun 2001, sebenarnya sudah dari beberapa bulan lalu hendak ganti kopling karna injakan sudah terasa berat apalagi saat mesin panas, terakhir ganti kopling tahun 2009 lalu.

Akhirnya kemarin pagi mobil saya bawa ke bengkel langganan ditechinjection jalan cikutra no. 172 Bandung. Bengkelnya sederhana tapi pelanggannya banyak karena terkenal dengan hasil pekerjaannya bagus dan hasilnya memuaskan. Bengkel penuh sekali saat itu tapi untungnya saya reservasi terlebih dahulu sehingga bisa langsung dikerjakan.

Berikut rincian biayanya:
1. Ongkos bongkar/pasang plat kopling: Rp. 300.000
2. Bubut fly wheel (permukaannya tidak rata): Rp. 150.000
3. Castrol manual SAE 90 1 liter x 3 @50.000: Rp. 150.000
4. Plat kopling baleno (SGP): Rp. 520.000
5. Dekrup baleno (SGP): Rp. 620.000
6. Deklaher baleno: Rp. 125.000
7. Laher 6200 TYT: Rp. 30.000

Total netto : Rp. 1.895.000

Cukup menguras kantong, tapi saya puas dengan hasilnya karena setelah dipakai injakan kopling enteng dan mobil pun enak dipakai, padahal belum tune up rutin.

Bandung, 26 Juni 2012

Rully Herdita R.

Hukum Timbal Balik

Musim penghujan sudah mulai tiba, hal ini ditandai dengan intensitas hujan yang mulai sering di kota kelahiran saya –> Bandung. Saya kangen dengan hujan, lama gak hujan soalnya. Mungkin bagi sebagian orang, hujan itu memiliki kenangan tersendiri, so bisa mengingatkan kita pada sesuatu (kaya Syahrini aja sesuatu :p). Ah sudahlah sekedar intro saja.

Hukum timbal balik? Maksudnya apa? Maksud saya adalah cara orang lain memperlakukanmu ya bagaimana kamu memperlakukan orang lain. Orang bersikap baik atau jahat sama kita ya tergantung kitanya juga. Kalo kita menanamkan kebaikan ya insya Allah yang kita dapatkan kebaikan. Mungkin hasilnya tidak dirasakan saat ini, mungkin bisa nanti atau di masa yang akan datang.

Lalu bila dikaitkan dengan masalah percintaan? Apakah bila ingin dicintai maka harus mencintainya juga? Misalnya memberikan perhatian biar mendapatkan perhatian dsb. Betul seperti itu?

Sebetulnya saya malas menulis masalah ini karena saya bukan pakarnya. :p

Bila ada satu wanita mendapatkan perhatian dari sepuluh orang pria, maka wanita akan memilih yang mana? Kita tahu biasanya hal tersebut pria lakukan agar mendapatkan balasan perhatian dan cinta tentunya, supaya pas “nembak” ntar diterima jadi pacar wanita tersebut. Kalo keadaannya kaya gini sepertinya “hukum timbal balik” tidak berlaku.

Hey! Hey! Kata siapa????????? Hukum timbal balik tetap berlaku!!!!!

Hal yang mesti diingat bahwa mencintai adalah KEPUTUSAN. Bila dikaitkan dengan kasus diatas dari sepuluh pria tersebut bisa saja MENDAPATKAN balasan perhatian yang sama dari wanita. Tapi menjadi keputusan wanita untuk mencintai pria yang mana yang akan dijadikan pilihannya.

Pilihan  apa? Ya pilihan untuk dicintaillahhhh.

Terkadang keputusan itu BERTOLAK BELAKANG dengan yang dinamakan perasaan. Mungkin saja kita cintanya hanya pada seseorang, tapi keputusan untuk hidup bersama (pacaran atau menikah) nya sama siapa. Iya gak sih? Mudah2an aja gak kaya gitu yahhh.

Mudah2an selaras antara hati dan logika, kalo misalnya kita jatuh cintanya sama seseorang ya mudah2an keputusan mencintai dan hidup bersamanya hanya dengan seseorang tersebut.

Dalam hidup bersosial juga berlaku hukum timbal balik. Tapi enggak berarti kalo kita baik sama orang maka kita akan mendapatkan kebaikan pula dari orang tersebut. Karena ada kalanya ada orang lain yang suka memelihara rasa iri, benci dan sinis pada orang2 tertentu. Kalo mengaku sebagai orang baik mengapa harus memelihara perasaan2 negatif seperti itu coba? Gak ada manfaatnya juga.

Tapi kalo kita berbuat baik sama orang seperti itu, pasti orang tersebut juga segan untuk berbuat jahat sama kita dan  tar juga dia pasti malu dan nyadar sendiri.

Cukup segini dulu deh, kalo ada ide baru lagi ntar saya coba lanjutin lagi nulisnya masih dengan tema yang sama.

Have a nice day, semoga hari ini datang rejeki pada kalian!🙂

 

Bandung, 3 November 2011