Yang biasa jadi luar biasa klo..

Tau ga siy lo??? Hehe..

Segala hal yang biasa bisa menjadi luar biasa klo kamu mampu bersyukur lalu teringat tulisan mas nug yang mengatakan “melakukan yang terbaik dari pilihan yang ada” yah saya suka sekali dengan kata-kata itu..

Dulu saya punya mobil kijang grand keluaran tahun 1994 klo dipikir-pikir tuh mobil udah jadul mending dijual aja terus beli yang baru.. tapi tuh mobil engga dijual mendingan rawat yang baik aja, rutin service ama ganti oli, rajin ngebersihin, makenya biasa aja ga usah ugal-ugalan..

Tau ga? Yang ada tuh mobil bener-bener terawat, selalu bersih luar dalem, engga pernah mogok paling waktu itu susah distarter gara-gara akinya udah soak, dipake keluar kota bandung-ciamis bahkan saat terjebak macet ditanjakan nagrek tuh mobil masih kuat. Engga heran tuh mobil banyak yang nawar malah waktu mau ganti jok waktu itu si emangnya engga percaya klo mobil kijang ini keluaran tahun 1994 karena biasanya yang dia liat mobil punya orang lain udah pada berkarat di tiap-tiap sisi pintunya klo yang ini engga. hehe

Tapi karena beberapa alasan akhirnya tuh mobil dijual juga..

Lalu saya punya motor bebek sport yamaha F1ZR keluaran tahun 2004, asalnya itu motor adik saya yang pake. Dia sebenarnya pengen ganti karena mungkin karena engga kuat ama boros dan engga enak dipake. Mana motornya engga pernah dirawat dan waktu itu hampir 8 bulan engga pernah dipake malah dibiarin terparkir diluar dengan body penuh debu. Klo inget wah saya sedih juga ngeliatnya. Daripada diantepin sebagai seorang kakak saya ngalah biar dia pake motor supra x 125 r punya saya dan saya pake punya adik saya itu. Akhirnya saya bawa kebengkel terdekat aja tuh motor yamaha F1ZR, yang penting bisa nyala dan lumayanlah klo bisa dipake kan bisa buat nganter mama ke pasar. Hehe..

Klo saya pikir-pikir daripada motor dijual mending dirawat dengan baik aja nih motor. Klo dijual mahalnya paling dihargai 5 jutaan itupun klo motornya bener-bener terawat. Tapi sayang juga soalnya harganya jatuh. Akhirnya saya rawat aja, secara bertahap komponen yang engga enak saya ganti. yang paling kerasa adalah suspensi depan dan belakang. Suspensi belakang saya ganti dengan shock absorber yoshimura yang harga 150 ribu. Suspensi fork segitiga roda depan juga saya ganti komstir beserta sealnya. Setelah itu? Lumayan ini motor jadi enak. Karena masih 2 Tak ini motor perlu oli samping. Oli samping yamaha F1ZR sporty ini cocoknya pake yang tipenya API TC seperti agip 2T plus, gasoli, revtex caltex, motul 2T cuma yang ini kemahalan. Kerasanya motor jadi enteng, engga banyak kerak di seher, asap engga terlalu tebal, gampang di start klo pagi jadi ga usah pake chuck dan pastinya enak buat ngebut. Sarung jok juga saya ganti dengan yoshimura. Akhirnya tampilan motor yamaha F1ZR tahun 2004 ini jadi keren. Kotor dikit pasti saya bersihkan.

Klo motor sebenarnya saya pengen ducati tapi kapan ya? Hahaha.. yah meskipun cuma punya motor yamaha F1ZR sporty ini saya bersyukur sekali kok. Nonetheless i love this motorcycle. Motor ini masih bisa saya pake buat jalan-jalan klo sore. Buat balap juga oke cuma top speed mentoknya pernah saya benjek sampe 110 kpj itupun mesin udah geter banget takut mur-murnya pada copot.

Itulah sobat..

Betapa sangat berharga dan cintanya kita pada sesuatu jika kita mampu bersyukur dan melakukan yang terbaik dari pilihan yang ada.. engga perlu membanding-bandingkan dan engga perlu iri jika orang lain memiliki sesuatu yang lebih dari kita. Cukup kita syukuri yang ada saja. Miracle kadang bisa terjadi kapan saja maka kelak kita akan mendapat nikmat yang lebih besar.

Salam hangat selalu!

Bandung, 29 April 2010
Rully Herdita R

12 pemikiran pada “Yang biasa jadi luar biasa klo..

  1. FIZR saya kira masih bebek tercepat setelah FU/MX. Kalau jalur pendek berani lawan FU, Vixion dan Tiger. Bensin memang lebih boros dibanding honda bebek, FIZR 25 – 30 km/liter, honda bebek 50-60 km/liter. Tapi puas di akselerasi dan top speednya. Dengan sproket depan 14 dan sproket belakang 37, top speed bisa 120 km/jam di fly-over pasopati. Handling gampang dan manuver lincah. Kalau mesin getar di top speed kemungkinan ada 3 : 1) Setting karburator terlalu kering (irit). 2) setang seher longgar. 3). Laher kruk as mnta ganti. Solusi 2 dan 3 adalah turun mesin dan sebaiknya jangan🙂 . Kalau sekarang enaknya maksimal 100 km/jam yah nikmati saja. Kalau turun mesin malah bisa lebih parah.

    1. sproket baru aj sabtu kemarin saya ganti.. depan pake 15 yg belakang pake 37 (asalnya pake yg 14-39).. ceritanya tadi siang saya lewat pasupati ad segerombolan pantaran anak sma ngebut ugal-ugalan nyalip saya yg kebetulan lg alon-alon.. ah saya benjek saja gas akhirnya terasapi juga mereka haha.. dan anehnya getaran mesin jd berkurang (lbh halus).. sebenarnya dari 110 kpj msh bisa naik lagi cuma saya ga ad nyali hehe.. ditambah fly over banyak kendaraan terutama mobil2 (krn hari minggu kali y?).. cuma ngerasa puas aja dengan akselereasi dan top speednya itu.. emang top deh! (awalnya sy kurang suka ama niy motor).. klo setting karburator emang setelannya irit sih..

      1. Maksimal sih 14-37. Saya pernah nyoba 14-35 tapi malah jadi loyo hahahaha. Kalau lagi di gigi 3 dan 30 km/jam, nggak bisa ngangkat/akselerasi. Harus turun ke gigi 2 dulu. Jadi 15-37 atau 14-37 sudah cukup.

Tinggalkan Balasan

