Benarkah berubah itu sulit?

Postingan kali bahas tentang psikologi aja deh yaitu tentang perubahan..

Tau ga siy lo???

Berubah itu ternyata engga mudah lho boleh dibilang sulit. Kita mungkin suka memberi sugesti positif pada diri kita sendiri agar bisa berubah menjadi orang yang percaya diri. Tapi tetep aja sulit dan engga bisa. Pikiran kita memerintahkan pada diri kita sendiri untuk bergerak maju untuk menjadi orang yang pede tapi hati dan tubuh kita seolah menolak perubahan itu. Seperti ada konflik batin di dalam diri kita ini antara si malu dengan si pede. Waduh!  Kita jadi lelah sendiri karena engga bisa berubah akhirnya ya udah deh pasrah aja dengan karakter kita yang seperti ini (baca : pemalu).

Karena pada prakteknya klo basicnya kita adalah seorang pemalu terus kita memanipulasi diri dengan berpura-pura layaknya orang pede. Seperti : ekspresif dihadapan semua orang. Selalu menyapa siapa saja baik yang kita kenal ataupun tidak kita kenal. Yang terakhir sok asik dihadapan semua orang. Tau engga? Orang dihadapan kita lebih sensitif lho alias sensornya lebih kuat.. orang lain juga bisa tau dan ngedetect mana sikap yang asli dan mana yang dibikin-bikin.

Perubahan yang dipaksakan hanya akan setengah hati dalam menjalankannya karena tidak di dukung oleh segenap jiwa raga kita sendiri. Meskipun kita udah bilang pada diri sendiri pengen berubah, lalu melakukan aksi layaknya orang yang telah berubah (baca : pede) sebagaimana yang kita inginkan.

Klo perubahan itu adalah sebuah keharusan dan tuntutan yang positif maka engga semudah itu agar kita bisa berubah. Semuanya butuh proses dan proses itu sendiri membutuhkan waktu. Kecuali klo kita pake jalan pintas melalu install ulang otak kita (brainwash) atau ikut hypnotherapy. Yah mungkin cara ini bisa berhasil. Karena pada dasarnya pemalu itu adalah kebiasaan yang telah tertanam sejak lama. Yah tergantung bagaimana kita di didik dan dibesarkan terutama masa kecil yang notabene adalah pondasi awal dalam pembentukan sebuah watak atau karakter.

Ya berubah itu sulit apalagi menuntut orang lain agar bisa berubah..

Klo engga ikut cara ini aja. Klo emang kamu pemalu ya udah terima aja klo kamu itu pemalu. Apakah pemalu itu hal yang buruk atau negatif? Yang bisa disejajarkan dengan teroris, perampok, koruptor, preman pasar? Percayalah pemalu engga seburuk itu kali..

Kita bisa kok jadi pemalu yang menarik dan disukai siapa saja baik pria maupun wanita. Tapi klo saya bahas ntar kepanjangan. Lain kali aja deh.

Coba gali lebih dalam hal-hal menarik apa saja yang bisa dilakukan oleh si pemalu. Hal-hal menarik yang didukung oleh segenap jiwa dan raga. Dan terakhir coba baca deh tips berikut ini.

Bandung, 4 Mei 2010

Rully Herdita R

16 pemikiran pada “Benarkah berubah itu sulit?

  1. Menjadi diri sendiri selalu lebih baik, tapi ada kalanya lingkungan atau tugas menuntut kita supaya lebih luwes serta cepat beradaptasi dengan situasi baru, jadilah perlu ‘sedikit’ merubah karakter sesuai tuntutan keadaan…hehehe…postingnya bagus, saya suka🙂

  2. @jartomy: begitukah? ngalir aj siy bro tanpa mikirin apa motifny..

    @dismas: tepat sekali!

    @achoey: semoga dimudahkan y..

    @darahbiroe: semangat pastinya

    @bintangtimur: wah berarti ibu banget y? thanks y ud suka postingan saya

    @viruzzz: semoga ketemu jatidirinya y..

  3. kunjungan pertama dan salam kenal,
    benar … berubah adalah sulit, namun bukan tak bisa. banyak contonya kan?
    seorang perampok yang tertangkap, di hakimi massa, di sel di kantor polisi, di sidang, di vonis sekian tahun, setelah keluar, kembali menjadi perampok.
    ahhh terlalu penjang komentarku … nanti membosankan!
    salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s