Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Dalam Cinta #1

Disela-sela kesibukan dunia mencoba menyempatkan diri menulis catatan sederhana, ijinkan The Love Sinner seperti saya membagikan kata-kata positif bagi sahabat semua.

Karena saya suka menulis dan berbagi ide serta pemikiran, jadinya saya menulis apa saja yang terlintas difikiran.

Mudah-mudahan bisa dipercaya karena kebahagiaan saya bisa berbagi.

Kunci hidup tenang dan bahagia dalam percintaan menurut pengalaman pribadi saya.

Tapi saya kurang tahu persis persentase mujarabnya tapi boleh dicoba.

*****

Yang pertama, adalah jangan pernah menyakiti hati.

Ya mungkin kita tidak menyadari bahwa perbuatan dan perkataan kita telah menyakiti hati seseorang. Berapa banyak orang yang telah kalian sakiti tanpa kalian sadari? Sehingga munculah kata-kata dan persepsi yang tidak baik terhadap kita. Kata-kata bisa menjadi doa seseorang tersebut yang menyebabkan kita sulit bahagia. Jangan memakai alasan mood sehingga anda tidak menyadari perbuatan itu, maka dari itu kendalikan mood lalu paksa diri anda untuk berbuat baik tanpa ada maksud  dan tujuan menyakiti. Segera antisipasi dan tetap waspada.

Anda masih beruntung jika orang yang anda sakiti masih memiliki kesabaran, dan celakanya jika orang tersebut berkarakter freak atau psycho. Bisa-bisa anda dibunuh dan mendapatkan teror atau ancaman darinya. Dan yang sulit jika menghadapi orang yang ‘merasa’ tersakiti (pernah saya bahas tempo lalu). Jika anda tidak suka terlebih tidak merasa nyaman katakan dengan cara yang baik tapi tegas. Jika mengarah pada perbuatan kriminal , demi keselamatan anda bisa melapor pada pihak berwajib (lebai ga sih?).

Kedua, mulailah memberi tanpa mengharap kembali.

Seringkali kita berbuat baik pada orang lain karena mengharap sesuatu atau imbalan. Contoh sederhana : kita berbuat baik (rajin memberi perhatian, traktir makan, dsb.) pada lawan jenis  yang kita suka karena mengharap dia bersedia menjadi kekasih kita atau berharap dia melakukan hal yang sama seperti yang kita beri (atas hutang budi),  jika dipikir-pikir itu sama saja dengan menyogok. Niatkan sebelumnya bahwa anda ikhlas berbuat kebaikan karena menganggap itu ibadah. Seiring banyaknya kebaikan yang kita lakukan maka semakin banyak kata-kata dan doa positif yang mengalir. Intinya lakukan saja tanpa perlu banyak berfikir yang menyebabkan kita tidak berbuat kebaikan sama sekali. Tapi terkadang perbuatan baik disalah artikan yang kita atau mereka anggap itu cinta. Kelak akan mengerti sendiri dan jangan menyakiti orang lain seperti pada poin pertama diatas.

Ketiga, tempatkan diri anda pada posisi orang lain.

Ya kita jangan egois hanya memikirkan perasaan kita sendiri. Lihatlah seperti apa keadaan seseorang tersebut, selami perasaannya dan perbanyak sikap dengan empati. Biasanya saya lebih tenang jika selalu menempatkan diri pada posisi seseorang. Dan kebalikannya jika hanya memikirkan perasaan diri sendiri malah muncul rasa tidak nyaman, gelisah, cemas, bingung, marah, kesal dan berbagai emosi negatif lainnya. Sehingga saya bisa mengerti dan mengetahui alasan seseorang bersikap demikian yang dirasa kurang menyenangkan.

Keempat, jangan segan untuk meminta maaf

Terkadang kita gengsi untuk meminta maaf duluan. Tapi jika anda menyadari sikap dan perbuatan anda salah jangan segan untuk meminta maaf. Jika mereka sulit memaafkan? Ya yang penting anda sudah berniat baik dan mencoba memperbaiki kesalahan. Demikian pula sebaliknya jangan segan untuk memberi maaf pada seseorang yang merasa pernah berbuat salah kepada anda, maka dari itu ikhlaskan masa lalu dan semua yang telah terjadi.  Tuhan saja Maha Pengampun kenapa sebagai manusia kita tidak bisa?

Kelima, bersabar.

Orang sabar itu katanya dadanya datar, ya itu sekedar guyon saja. Jika segala daya  upaya telah kita lakukan namun tidak memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang kita harapkan. Dengan cara apa lagi kita bisa berbuat?  Yaitu dengan sabar. Orang sabar selalu meyakinkan dirinya bahwa setiap dibalik kesulitan pasti ada kemudahan, sehabis gelap terbitlah terang, dan klo kata alm. Chrisye badai pasti berlalu.

Baca lalu praktekan!

Dan komentari hasilnya!

Semoga tulisan saya bisa bermanfaat!

 

 

Bandung, 22 Juni 2010


7 pemikiran pada “Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Dalam Cinta #1

  1. Rully, saya tersentuh banget dengan tulisan ini.
    Kunci hidup tenang dan bahagia yang ditulis di posting ini, kayaknya tidak hanya berlaku dalam cinta deh…
    Jangan menyakiti orang lain, memberi tanpa pamrih, berempati, jangan segan buat meminta maaf dan bersabar, menurut saya adalah kunci untuk hidup tenang dan bahagia di semua aspek. cinta adalah salah satunya.
    Seringkali kita ingin orang lain berpikir se-positif kita, tapi dalam kenyataannya semua orang punya pemikiran yang berbeda. Kebenaran juga jadi tergantung persepsi orang. Kuncinya memang dimulai dari diri sendiri, eh, siapa tau banyak orang akan mengikuti hal-hal positif yang kita lakukan🙂

    1. iya bu..
      pada dasarnya semua kebaikan itu bisa diaplikasikan di semua aspek kehidupan, salah satunya adalah cinta.
      terima kasih komentarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s