Sekilas Motor Yamaha F1ZR…

Klo masalah motor sebenarnya gue pengen ducati tipe superbike (ngayal ahaha), secara harganya yang mahal, selain itu jika gue punya pun pasti mubajir pakenya

Kenapa? Karena ducati adalah motor sport bertipe bore x stroke mesinnya untuk pemakaian pada rpm menengah-tinggi, sehingga cocok digunakan untuk balapan di sirkuit

Tau sendirikan kondisi dan situasi jalanan di kota besar seperti Bandung?

Apalagi saat weekend atau hari libur fiuhhh

Kecuali ducati monster yang cocok sebagai kendaraan city ride

Karena dibandingkan dengan saudara ducati yang lainnya termasuk paling lemot, tapi tetap nyaman dipakai harian terutama buat para pemula (ducati rider)

***

Tapi yah motor bebek diatas adalah yang saat ini sering gue pake (tukeran motor sama ade gue)

Lumayanlah klo harian bisa dipake buat berangkat ke kampus, sekedar jalan-jalan dan touring luar kota

Kendaraan yang efektif disaat menghadapi jalanan super macet (dibanding mobil)

Motor gue ini adalah yamaha F1ZR tipe sporty edition keluaran tahun 2004 dan bermesin masih 2 tak (secara saat ini 2 tak dipandang sebelah mata karena dianggap kurang ramah dengan lingkungan)

Padahal pada masa kejayaannya yamaha F1ZR adalah rajanya balap underbone 2 tak kelas bebek 110 cc

Masalah akselerasi, manuver dan top speed (120kpj) adalah jagonya (bandel) untuk kelas bebek meski silinder mesin cuma 110 cc

Jeroan mesin, sistem pembakaran (CDI), knalpot, PJ (17,5) dan MJ (130) karburator masih standar.

Stiker pada stripingnya udah dicopot, gue ganti dengan stiker 27 (casey stoner-ducati)

Yamaha F1ZR 110 cc tipe sporty ini pelek bawaan pabriknya adalah jari-jari, namun sudah gue ganti dengan pelek racing

Berbeda dengan F1ZR tipe FULL CLUTCH, pelek bawaan pabriknya sudah racing dengan 3 palang

Motor saya ini memiliki kopling tipe banci (NON FULL CLUTCH), artinya tuas kopling hanya berfungsi untuk memudahkan perpindahan gigi saja

Namun sudah saya modifikasi penggunaannya menjadi manual dengan melepas otomatis kopling tersebut, artinya tuas kopling tetap harus dipakai sebagai pengatur dan penggerak tenaga mesin

Karena rasanya aneh saja jika masih berkopling banci, baik dengan menarik ataupun tidak menarik tuas kopling saat berpindah gigi, motor masih tetap bisa bergerak

Awalnya yamaha memproduksi motor dengan menggunakan sistem kopling ini tujuannya agar bisa digunakan tak hanya pria tapi juga wanita

Motor yamaha F1ZR gue ini memiliki jenis bore x stroke : square engine yang ukurannya 52 mm x 52 mm, artinya torsi dan power merata di semua putaran

Artinya juga motor gue ini mampu digunakan untuk pemakaian pada rpm rendah, menengah dan tinggi, sehingga cocok dipakai harian menembus jalanan yang penuh kemacetan dan mantap untuk perjalanan luar kota dengan karakter jalan yang lurus maupun menikung

Ya itu sekilas saja kelebihan dan kekurangan dari motor yamaha F1ZR 110 cc gue

Mau share mengenai tunggangan kuda besi masing-masing?

Silahkan isi di kolom komentar

 

Bandung, 5 Agustus 2010

28 pemikiran pada “Sekilas Motor Yamaha F1ZR…

  1. Bagaimanapun motorku tetap Alfa II R ’96…
    Bukan motor spesial.
    Hikz… Hikz…. hikz…
    Tapi tetap pertahankanz…

    *reff:
    Apapun yg terjadi, ALFA slalu ada untukmu
    Janganlah kau bersedih..coz everything’s gonna be OKAY

    Hayah….

  2. ini yang edisi limited editon seri Max Biaggi ya… awet emang, temen ada yang punya tuh lansiran 2000, sampai sekarang masih wusss wusss juga hehe..

  3. Gara2x 1 mur kpala dol qo mt0r w trikan pertama lelet, trus kluar angin pdhal udh d gnti ttap aj knd0r, stiap trikan pertama ngeplos.. Krburat0r dingin..trun gas langsung mati mesin.. Kata tmen hrus d bubut.. Ap y..? Ksih S0lusi’a d0nk

  4. Mending punya fiz.Dari pada gk punya motor kaak ane…..
    Ane kepingin fiz 2004 jg,tp yg murah hanya yg gk ada BPKBnya….SIAL DEH…

  5. bro gw pake poswan 92, karbu standar, gak bisa di pake bisanya karbu rx king, itu aja masih nelat jadi cemana solusinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s