Menjadi Orang Baik Yang Melakukan Terbaik…!

Jadi ingin berpendapat tentang fenomena yang sering terjadi pada manusia

Masalah perceraian, perpisahan, konflik diantara pasangan kekasih

Campuran emosi dan ego menjadi satu

Kesenjangan antara harapan dan kenyataan

Ketidaksempurnaan

Tuntutan manusia dan hidup

Disinilah kedewasaan manusia tersebut diuji

Karena bagaimanapun manusia adalah mahluk yang belum mencapai kedewasaan (menurut pendapat saya)

Sampai kapanpun kedewasaannya akan selalu diuji untuk mencapai level tertinggi demikian dan seterusnya

***

Tapi saya tidak ingin berkesan sok tahu

Hanya ingin berbagi dengan tingkatan yang sudah saya capai saat ini saja

Kekasih saya pernah berpendapat “….lebih akhiri saja daripada nantinya akan saling menyakiti”

Menurut saya sebetulnya pria dan wanita tidak ingin saling menyakiti, hanya cara dan kedewasaan mereka saja belum cukup untuk bisa mengatasi suatu permasalahan

Lalu bagaimana dengan saya?

Ya saya pernah merasa disakiti dan mungkin juga tanpa disadari pernah menyakiti

Saya tidak peduli dengan masalah disakiti dan tidak ingin memikirkannya

Bukankah hidup ini sudah sulit?

Saya hanya berusaha dan berfikir bagaimana caranya menjadi orang baik yang melakukan terbaik

Jika kita sudah ikhlas karena Allah, segala sesuatunya pasti akan mudah

Karena apapun perbuatan yang kita lakukan sudah diniatkan sebelumnya ikhlas karena Allah

Saya pernah berbuat salah (karena saya manusia) dan saya bukan ustad atau pakar agama seolah sudah ahli dan paling tahu berbicara mengenai keikhlasan

Hanya yang saya rasakan ketenangan jika begitu

Bila saya merasa disakiti (meski cuma perasaan saja), sebisa mungkin saya berusaha menerimanya dan tidak balas menyakiti baik ucapan maupun perbuatan

Seringkali orang-orang berbicara mengenai ‘karma’ atas perbuatan manusia yang selalu menyakiti dan disakiti

Jika masalah karma biar saja itu bukan urusan saya, itu hanya urusan Allah yang akan membalasnya

Dan sebisa mungkin saya tidak ingin menyakiti

Tapi insya Allah jika kita sudah meniatkan diri menjadi orang baik yang melakukan terbaik, tidak akan pernah menyakiti

Hanya nilai-nilai kebaikannya saja yang akan selalu diingat orang lain

Karena jika kita menjadi orang baik yang melakukan terbaik (diantaranya adalah orang ikhlas)

Maka kita memiliki perspektif sebuah kebahagiaan bagi diri sendiri

Dan tidak menganggap bahwa manusia atau benda sebagai sumber dari kebahagiaan

Seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya bahwa “kita harus bahagia dengan diri kita sendiri terlebih dahulu”

Tujuan kita membangun sebuah hubungan maupun persahabatan adalah karena ingin “berbagi luapan kebahagiaan dan melengkapi kebahagiaan tersebut bersama seseorang yang kita cintai dan kita sayangi”

Sebetulnya permasalahannya tidak dari satu sisi saja, akan tetapi demikian kompleksnya

Bukan masalah kebahagiaan saja, akan tetapi salah satu diantaranya adalah masalah ‘tanggung jawab’

Bagaimana tanggung jawab terhadap diri sendiri, serta tanggung jawab seorang pria maupun wanita yang berkomitmen untuk saling mengikatkan diri

Hidup ini penuh dengan ketidaksempurnaan, sehingga dibutuhkan sebuah apresiasi (baca: bersyukur) dalam menyikapinya

Dari pengalaman itulah sebagai manusia kita dituntut untuk belajar ‘sabar dan ikhlas’ dalam menerima segala cobaan hidup, serta mensyukuri semua nikmat yang telah Tuhan berikan

Semoga tulisan saya bermanfaat!

Wasallam

Bandung, 17 September 2010

10 pemikiran pada “Menjadi Orang Baik Yang Melakukan Terbaik…!

  1. setuju sekali, Rully,
    ketika kita menyakiti orang lain, sebenarnya kita juga menyakiti diri sendiri.
    gak ada salahnya khan jadi orang baik?
    asalkan semuanya dilakukan krn Allah swt semata.
    dengan demikian akan tumbuh empati dr hati kita, krn hati kita jernih dan bersih.
    Suka banget bunda dgn postingan ini🙂
    terimakasih ya Rully krn telah berbagi
    salam

  2. Bermanfaat banget Rul…menjadi seseorang yang lebih baik itu perlu proses. Trima kasih sudah berbagi, karena buat menjadi lebih baik kita juga harus selalu diingatkan oleh orang lain. Membaca pemikiran orang lain.
    Maaf lahir batin Rully, selamat lebaran ya…

Tinggalkan Balasan

