Orang Kaya Banyak Duit.. Orang Miskin Penuh Cinta.. Kebahagiaan?

Postingan saya kali ini sepertinya terkesan subjektif, tapi tidak mengapa karena mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sahabat semua.

Tak ada manusia yang terlahir sempurna *d’masiv mode on*. Dan tak ada satupun manusia yang hidupnya selalu baik-baik saja, karena saya yakin setiap manusia memiliki masalah masing-masing. Dengan adanya masalah itulah manusia bisa menyadari sepenuhnya akan pentingnya saling mengerti, saling menghargai, saling merasakan satu sama lain dengan penuh empati. Dengan adanya masalah itu manusia selalu mengupayakan terbaik bagi dirinya untuk mencapai kesempurnaan, kehidupan yang lebih baik, sosok dewasa  yang mampu mencari jalan keluar dari suatu permasalahan.

Kok saya malah muter-muter gini ya? Haha..

Maksud saya begini sahabat..

Ada orang yang lebih memilih untuk hidup sederhana atau biasa-biasa saja, dengan alasan bahwa menjadi orang kaya banyak duit tidak bisa membuat diri bahagia.

Ada pula orang yang lebih memilih untuk bisa menjadi orang kaya banyak duit, dengan alasan bahwa segala sesuatu termasuk segala kebutuhan hidup hampir semuanya harus memakai duit.

Kedua pilihan tersebut tidak ada yang salah!

Kenapa ada orang yang lebih memilih untuk hidup sederhana atau biasa-biasa saja?

Ada kasus seorang anak yang terlahir dari orang tua yang kaya raya, tapi anak tersebut tidak pernah mendapatkan perhatian, serta kasih sayang yang tulus. Orang tuanya hanya selalu membekali anak tersebut dengan duit dan duit, padahal yang dibutuhkannya adalah perhatian dan kasih sayang. Kedua orang tuanya tidak pernah ada waktu untuk sang anak, karena mereka selalu sibuk dengan pekerjaan dan urusannya masing-masing. Duit yang yang diberikan tidak bisa membuat diri si anak bahagia. Malah anak tersebut merasa iri pada salah satu temannya yang termasuk golongan orang tidak mampu atau biasa-biasa saja, tapi selalu terlihat bahagia memiliki orang tua yang hangat, perhatian, penuh cinta dan kasih sayang.

Lalu kenapa ada orang yang lebih memilih untuk bisa hidup kaya raya banyak duit?

Menurut saya pribadi kehangatan, perhatian, cinta dan kasih sayang saja tidaklah cukup. Kita sebagai manusia yang sedang menjalani hidup bisa mengerti alasannya kenapa, karena segala sesuatunya termasuk hidup kita membutuhkan duit. Apakah perut lapar bisa dibayar dengan cinta? Apakah biaya pendidikan bisa dibayar dengan kehangatan? Apakah bisa sahabat? (logis sekali ya?)

Pilihan pertama dan kedua adalah variable yang saling melengkapi dan poin-poin utama dari keduanya mesti dipenuhi jika kita ingin mencapai keseimbangan dalam hidup (menjadi sempurna).

Apakah menjadi orang kaya banyak duit salah? Ohh sama sekali tidak salah!

Apakah menjadi orang miskin (hidup sederhana) juga salah? Sama sekali itupun tidak salah!

Yang salah adalah jika kita tidak pernah bersyukur!

Maka dari itu syukuri hidup dan diri kita, karena kebahagiaan sejati berada ditangan orang-orang yang selalu bersyukur, juga memahami aktualisasi dirinya untuk apa kita diciptakan.

Ah mudah-mudahan saya dan kita semua termasuk golongan itu ya…

Dan yang tidak kalah penting adalah jangan sombong dan selalu rendah hati *belajar untuk tetap seperti itu*


Bandung, 8 November 2010


10 pemikiran pada “Orang Kaya Banyak Duit.. Orang Miskin Penuh Cinta.. Kebahagiaan?

  1. Benar, bersyukur adalah yang utama…😥
    Kalo udah kaya tapi ga bersyukur, bisa2 malah serakah pengen nambah harta lagi dengan menghalalkan segala cara yang haram. Kalo miskin gak bersyukur, bisa2 malah nyalahin Tuhannya, jadi murtad nanti…😦

  2. Setuju…setuju…kalo kita bisa milih jadi orang kaya dan bahagia juga pasti akan ada masalah lain yang bakalan datang, iya nggak, Rul?
    Miskin-miskin sedikit, bete-bete sedikit, mungkin itu yang bikin hidup kita berwarna🙂

  3. hidup memang banyak pilihan, juga akan banyak lakon yang akan kita perbuat dalam kehidupan, maka dari itu kita harus bijak menempatkan pilihan mana yg akan kita lakoni. bersyukur dan terus bersyukur maka kebahagiaan hakiki ada disitu. miskin atau kaya sama aja yang penting bahagia.

    rully p kbr? lama gak main kesini🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s