Pengalaman Spooring & Balancing di Cihampelas Motor Bandung

Pagi ini saya akan mencoba membagikan pengalaman yang sebenarnya niatnya sudah lama, namun baru kemarin bisa menyempatkan diri ke bengkel yaitu untuk melakukan spooring & balancing sedan baleno ku.

Awalnya bingung dimanakah kira-kira bengkel spooring & balancing di Bandung yang pengerjaan bagus dan hasilnya memuaskan.

Waktu itu saya coba mencari tahu dengan meminta informasi dari akun twitter @infobandung dan akhirnya diretwit lalu ada yang menyarankan ke bengkel Cihampelas Motor yang beralamat di jalan cihampelas no. 44 Bandung.

Oh, saya tahu tempat itu karna kebetulan lokasi tersebut tepat berada di samping tempat nongkrong saya saat jaman kuliah dulu yaitu gonzo.

Sehari sebelum dibawa ke bengkel, ceritanya saya mencuci sendiri si baleno ini lalu didapati pelek roda depan kanan seperti ada gumpalan stempet tapi tidak terlalu banyak. Saya liat ke kolong dan ternyata karet boot as nya robek terpaksa mesti diganti nih takutnya tambah parah dan ngerembet kemana-mana.

Ya, akhirnya Senin kemarin saya bawa ke Cihampelas motor. Saya datang pagi jadi bengkel belum terlalu penuh.

Gambar
Cihampelas motor jalan cihampelas no. 44 Bandung

 

Jadi eksekusi pertama berdasarkan saran si engkoh yang punya bengkel, roda dibalancing terlebih dahulu, kemudian dibawa ke bengkel bawah barulah kemudian dispooring.

Gambar

Gambar
Proses balancing dengan menggunakan alat seperti mesin scanner secara komputerisasi

Oh perlu diketahui juga bahwa cihampelas motor ini terdiri atas 3 bagian, yang masing-masing ada spesialiasinya. Yang pertama spesialis ban (spooring & balancing, isi gas nitrogen dll), kedua khusus variasi, perlengkapan dan acessoris mobil, ketiga bengkel (tune up, service dsb) serta salon mobil (cuci, polish, wax).

Setelah dibalancing mobil dibawa ke bengkel yang terletak di ruang bawah untuk di bongkar kaki-kakinya terlebih dahulu, kemudian mengganti karet boot as roda kanan yang robek dengan yang baru.

Gambar
Proses pembongkaran roda depan sebelah kanan
Gambar
Karet boot as roda depan kanan yang robek

Setelah beres lalu mobil dibawa ke atas kembali untuk dilakukan spooring.

Gambar
Pemasangan alat scan

Gambar

Gambar
Mesin scanner saat proses spooring berlangsung

Dan pengerjaannya tidak memakan waktu yang lama. Yang lama sih di bengkelnya, dan bila tidak ke bengkel waktu yang dibutuhkan untuk melakukan spooring dan balancing ini kira-kira 45 menit saja.

Ongkos spooring & balancing di sini tergolong murah menurut saya, tapi karena mesti ganti karet boot as roda yang terpaksa mesti mengeluarkan biaya tambahan.

Berikut rincian ongkos ngebengkel hari Senin kemarin:

  1. karet boot as roda dalam               : Rp. 90.000
  2. karet boot as roda depan-kanan  : Rp. 85.000
  3. Stempet                                             : Rp. 45.000
  4. 6 utas tali pengencang                   : Rp. 30.000
  5. Spooring                                            : Rp. 100.000
  6. Balancing 4 roda                              : 80.000

Total keseluruhan            : Rp. 430.000

Ya lumayan sih dibanding dengan ongkos ganti timing belt tempo lalu. Dan hasil pengerjaannya rapi, cepat, dan bagus. Kita lihat saja bagaimana rasanya dibawa jauh besok (ke Subang) setelah ngebengkel Senin kemarin.

 

Bandung, 2 Maret 2013

Gambar

23 pemikiran pada “Pengalaman Spooring & Balancing di Cihampelas Motor Bandung

    1. Siapin dana 200 ribu :

      1). Spooring 100 ribu
      2). Balancing 4 roda (20 ribu x 4 = 80 ribu)

      pengalaman saya diatas karna ada tambahan karet boot as rodanya robek.🙂

  1. menarik menulis pengalaman bahenolnya dalam blog bro….saya juga pengguna bahenol merah 2002 di plg. menurut bro rully apakah spare part bahenol mudah di dapat dan murmer. Sebab di palembang saya mencari selang power stering hi presure di beres harganya 1, 3 jutaan. Smoga sukses dg blognya bro.

    1. maaf bro, baru balas karna jarang tengok blog. selang power steering 1,3 juta? mahal amat. tapi bisa substitusi punya aerio.

      entah karna mungkin spare part baleno agak mahal. tapi bisa diakali dengan spare part ori suzuki lain sehingga bisa lebih hemat pengeluaran.

      misal: saya ganti koil yang ternyata bisa subtitusi dengan APV (orisinil) yang harganya jauh lebih murah, hanya 200 rb. sedangkan punya baleno 1,2 jutaan.

      1. pas ganti koilnya dimana bro…..kalo mobil kena macet trus lama2…..pas di gas gak ada respon…kemungkinan koilnya atau apa bro

    1. ini khusus mobil bro..
      maksudnya motor nya gak stabil? mesti periksa ke bengkel kira-kira kenapa apa laher rodanya aus, komstir minta ganti, atau segitiga / fork mesti dipress.

      tempat press paling oke dan murah di lombok motor, jalan lombok tanya aja pas deket persimpangan jalan

      semoga membantu

  2. “pas ganti koilnya dimana bro…..kalo mobil kena macet trus lama2…..pas di gas gak ada respon…kemungkinan koilnya atau apa bro”

    Jawab Pertanyaan Andri :
    Saya ganti koil di bengkel langganan saya Ditech injection di Jalan Cipedes Tengah No. 196 Bandung. Partnya sih bisa beli di mana aja pilihannya mau yang ori apa kw.
    di gas ga ada respon? kalo koil kayanya gak mungkin.. ada dugaan kampas kopling yang mulai aus, apalagi trabelnya pada saat kemacetan.. sebaiknya diperiksa.. kondisi kopling yg bagus pasti responsif saat digas..

    semoga membantu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s